NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Kuota Internet Cepat Habis? Coba Tips Berikut ini Agar Lebih Hemat

Salah satu masalah yang kerap dihadapi para pengguna smartphone adalah borosnya pemakaian kuota internet. Tak heran, karena hampir seluruh kinerja smartphone ini dibuat berbasis online, yang pasti membutuhkan koneksi internet.
Kita tentu sering kesal, jika kehabisan kuota secara tiba-tiba. Padahal ada hal penting yang harus segera diselesaikan. Untuk menghindari hal semacam ini, ada beberapa tips dan trik menghemat kuota.
Tips Berikut ini Agar Lebih Hemat

1. Membatasi background data

Beberapa aplikasi sosmed seperti Instagram, Whatsapp, atau Facebook memang seringnya berjalan sebagai background di Android. Hal ini sedikit banyak berpengaruh pada penggunaan kuota internet.
Kita bisa meminimalisir penggunaan data dengan membatasi background data tersebut. Caranya dengan masuknke menu Setting, lalu pilih Data Usage. Pilih aplikasi yang ingin dibatasi, lalu klik Restrict app background data.

2. Hindari update aplikasi secara otomatis

Pembaruan aplikasi memang dibutuhkan, tapi jika diatur secara otomatis maka bisa jadi ini akan banyak memakan kuota internet kita.
Untuk mengatasinya, sebaiknya atur update aplikasi menjadi non otomatis. Caranya, masuk ke Play Store pilih menu Settings lalu pilih Auto Update apps. Akan ada tiga pilihan, yakni Over any network, Over Wi-Fi Only dan Don't auto update appa. Kita bisa pilih yang kedua atau ketiga.

3. Nonaktifkan auto download media di Whatsapp

Seringkali Whatsapp memakai banyak data internet karena kiriman media, baik foto maupun video. Apalagi kalau kita tergabung dalam banyak grup obrolan, biasanya akan memakan lebih banyak lagi kuota.
Untuk mengatasinya, kita bisa atur mode download media. Caranya, masuk ke aplikasi Whatsapp lalu pilih menu Settings dilanjut ke Data and Storage Usage. Kita bisa mengatur agar media yang dikirim orang lain tidak terunduh secara otomatis. Kita juga bisa mengatur ke mode Low data usage untuk menghemat penggunaan data saat melakukan telepon.

4. Manfaatkan aplikasi offline

Ada beberapa aplikasi yang bisa diakses secara offline, seperti Spotify atau Google Maps. Untuk menyiasatinya, kita bisa unduh apapun yang kita butuhkan saat terhubung dengan Wi-Fi dan mengaksesnya lagi saat koneksi telah terputus.

5. Mengaktifkan mode Data Saver

Saat kita mengaktifkan mode Data Saver, secara otomatis smartphone akan menghentikan penggunaan paket data. Pun dengan background data juga akan dimatikan.
Cara mengaturnya cukup mudah. Masuk ke menu Settings lalu klik Connections dan pilih Data Usage. Lalu geser toggle Data Saver untuk mengaktifkannya.
Posting Komentar

Posting Komentar