NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Cara Mengambil Foto Di Malam Hari dengan Smartphone Agar Terlihat Keren

Hobi fotografi kini bisa dijalani siapa saja, termasuk para pengguna smartphone. Meski bukan berperan sebagai profesional, hobi membidik foto tetap bisa dilakukan siapa saja dan dengan jenis kamera apa saja.
Salah satu jenis foto yang banyak digemari tapi juga sulit dibidik adalah foto malam hari. Hal ini karena minimnya cahaya, juga minimnya pengetahuan para pengguna kamera smartphone.
Mengambil Foto Di Malam Hari dengan Smartphone

Ada beberapa trik yang harus dipahami para pengguna kamera smartphone jika ingin membidik foto dimalam hari.

1. Gunakan self-timer
Menggunakan mode self-timer baik malam atau pun siang hari bisa jadi pilihannyang bagus. Mode ini akan membantu kita menemukan angle terbaik dan dapat menghindari hasil gambar buram.
Kita bisa menggunakan mode self-timer lima atau 10 detik.

2. Memanfaatkan fitur Pro dari kamera smartphone
Mode Pro dalam pengaturan kamera smartphone dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk memotret saat malam hari. Pengguna juga dapat mengatur eksposure secara manual.

3. Memanfaatkan cahaya ketika malam
Untuk menghasilkan foto malam harinyang cukup baik, cobalah untuk mencari spot yang mendapat cahaya cukup. Cahaya bisa dari lampu jalanan, lampu neon pertokoan, lampu mobil dan sebagainya.
Jika cahaya sangat minim, kita mungkin terbiasa menggunakan flash. Tapi untuk kamera smartphone standar mungkin akan menghasilkan foto yang kurang maksimal.

4. Atur dan sesuaikan ISO
ISO merupakan pengaturan kamera untuk mengatur sensitivitas cahaya. Semakin tinggi ISO, semakin cerah gambar yang dihasilkan. Namun, ISO tinggi tak selalu menghasilkan gambar apik.
Kita bisa coba mengatur ISO pada angka 400. Apabila ISO berwarna abi-abu mungkin kota masih mengaktifkan Mode Getar dan HDR. Kita bisa coba untuk menonaktifkan keduanya terlebih dahulu.

5. Hindari menggunakan flash
Dalam beberapa kondisi, memotret dengan flash memang cukup membantu. Tapi ketika memotret malam hari menggunakan flash, sepertinya justru kurang menguntungkan. Pasalnya, objek yang akan kita potret akan terlihat terlalu terang. Sedangkan background justru terlihat sangat gelap.
Kita bisa coba untuk menggunakan cahaya dari sekitar objek. Seperti disebutkan sebelumnya, kita bisa manfaatkan cahaya lampu jalan, lampu neon, lampu mobil atau lainnya.
Posting Komentar

Posting Komentar