NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Trik komputer yang jarang diketahui orang


Berikut adalah beberapa trik dan tips komputer yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang:

  1. God Mode di Windows

  2. Dengan membuat folder baru dan memberinya nama spesifik (GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}), kamu dapat mengakses pengaturan kontrol panel yang luas dari satu tempat. Ini sangat berguna untuk pengguna yang ingin mengakses berbagai pengaturan tanpa harus menggali melalui menu.

  3. Pengelolaan Tugas dengan 'Task Manager'

  4. Banyak pengguna tahu tentang Ctrl + Alt + Delete untuk membuka 'Task Manager', tapi menggunakan Ctrl + Shift + Esc langsung membuka 'Task Manager' tanpa layar perantara, mempercepat proses pengelolaan aplikasi yang sedang berjalan.

  5. Menggunakan 'Windows PowerToys'

  6. 'Windows PowerToys' adalah kumpulan utilitas gratis dari Microsoft untuk pengguna power yang ingin meningkatkan produktivitas mereka. Termasuk fitur seperti pengaturan tata letak jendela yang lebih canggih, pencarian file yang ditingkatkan, dan manajemen keyboard shortcut yang kustom.

  7. History Clipboard

  8. Banyak pengguna tidak menyadari bahwa Windows (mulai dari versi 10) memiliki fitur history clipboard yang memungkinkan kamu menyimpan beberapa item (teks atau gambar) ke clipboard. Tekan Win + V untuk mengaksesnya.

  9. Navigasi Cepat Menggunakan 'File Explorer'

  10. Di 'File Explorer', kamu bisa mengetik cmd di address bar untuk langsung membuka Command Prompt di direktori saat ini, atau ketik powershell untuk melakukan hal yang sama dengan PowerShell.

  11. Pemulihan File yang Tidak Sengaja Terhapus

  12. Jika kamu menghapus file dan ingin memulihkannya, Windows memiliki fitur 'Previous Versions' yang bisa kamu akses dengan klik kanan pada folder tempat file tersebut berada sebelum dihapus, lalu pilih 'Restore previous versions'.

  13. Menggunakan 'Sticky Notes' dengan Fitur Lanjutan

  14. 'Sticky Notes' bukan hanya untuk catatan sederhana. Kamu bisa mengetik @reminder untuk membuat pengingat atau menggunakan penandaan Markdown-like untuk formatting.

  15. Penggunaan Multiple Desktops

  16. Windows 10 dan seterusnya memungkinkan kamu untuk membuat multiple desktops, yang bisa sangat membantu dalam mengelola tugas yang berbeda. Gunakan Win + Tab untuk mengakses view Task View, kemudian klik 'New Desktop' di bagian kanan atas.

  17. Pintasan Keyboard untuk Simbol

  18. Daripada mencari simbol yang jarang digunakan dalam Character Map atau online, kamu bisa menggunakan pintasan keyboard dengan menahan tombol Alt dan mengetikkan kode numerik pada numpad (misal, Alt + 0169 untuk ©).

  19. Membaca Mode di Browser

  20. Hampir semua browser modern memiliki fitur 'Reading Mode' atau 'Reader View' yang menghilangkan semua elemen pengganggu pada halaman web, meninggalkan teks dan gambar yang relevan untuk pengalaman membaca yang lebih nyaman.

Menggali lebih dalam pengaturan dan fitur tersembunyi sistem operasi atau aplikasi yang kamu gunakan bisa sangat menguntungkan, seringkali menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas kerja.

Posting Komentar

Posting Komentar