NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Perbedaan FAT32,NTFS dan exFAT yang Harus Kamu Tahu

Jika kamu pernah melakukan format pada flasdisk, kamu pasti pernah melihat opsi berisi tulisan fat32,ntfs atau exfat. umumnya orang akan mengatakan bahwa itu merupakan format penyimpanan, namun sebenarnya fat32,ntfs dan exfat merupakan sebuah file system yang bisa dibaca oleh windows atau komputer.
Ketika kita akan melakkan format pada flashdisk sebenarnya apa opsi file system yang harus kita pilih? padahal tidak ada penjelasan apapun dari opsi tersebut.
Nah untuk itu masi kita bahas satu persatu dari file system tersebut, sebenarnya apa perbedaanya?
Perbedaan FAT32,NTFS dan exFAT yang Harus Kamu Tahu

FAT32

File system ini tergolong paling lama, kurang lebih pada tahun 1996 pada masa kejayaan ms DOS atau windows 95 . file system ini hingga sekarang paling bayak digunakan untuk bebagai perangkat penyimpanan seperti flashdisk ataupun SD card pada ponsel. Sampai saat ini fat32 dijadikn file system standar , jadi ketika kamu mempunyai flasdisk atau sd card baru pasti akan menggunakan fat32.

Kelebihan FAT32

  • Kompetible dengan semua perangkat karena merupakan jenis file system lama yang bisa dibaca oleh jenis komputer lama dan moderen dan juga bisa dibaca oleh perangkat lain seperti smartphone android baik menggunakan usb otg ataupun SDcard.
  • Sangat cocok sebagai media penyimpanan eksternal, karena biisa dibaca hampir disemua perangkat yang memiliki port untuk membaca penyimpanan eksternal seperti port usb atau port sdcard

Kekurangan FAT32

  • Tidak bisa digunakan untuk tempat instalasi system seperti menginstal Sisterm operasi windows
  • Memiliki limit sebesar 4GB , limit ini maksudnya file yang ukuranya lebih dari 4GB tidak bisa dimasukan.jadi kika kamu punya flie dengan ukuran 4GB, kamu perlu memecah file tersebut menjadi beberapa bagian, misal menjadi 4 file yang berukuran 1 GB. sebab jika kamu memaksakan memasukan file lebih dari 4GB nantinya akan ada peringatan " file too large ".
  • Tidak memiliki sistem keamanan seperti enkripsi, file permission dan juga presentase file corrupt atau file rusak yang tergolong tinggi.

NTFS

Merupakan jenis file system moderen, pertama kali muncul atau populer ketika microsoft meluncurkan OS windows XP, saat ini merupakan fyle system yang mempunyai limit file yang besar dan juga partisi yang besar,NTFS ini biasanya digunkan untuk penyimpanan yang memunyai kapasitas besar seperti hardisk atau SSD. Sangat cocok digunakan untuk tempat instalasi windows, karena itu file system ini dapat bekerja disemua versi OS windows.

Kelebihan NTFS

  • Mempunyai limit file yang besar yaitu sampai 16Exabyte atau 16 miliar GB, jadi kamu serasa tidak memiliki batasan ukuran ketika memasukan file kedalam disk dengan file system jenis ini.
  • Memiliki fitur kemanan seperti enkripsi dan permission, serta presentase file corrupt yang kecil.
  • kompetible dengan semua versi  OS Windows

Kekuarangan

  • Hanya bisa digunakan secara masksimal di Sistem operasi windows. untuk perangkat lain biasanya tidak terbaca, dan jika bisa terbaca, sistem operasi lain tidak bisa memasukan file kedalam NTFS.

exFAT

File system ini seperti kombinasi antara ntfs dan fat32, karena dirancang khusus untuk untuk digunakan untuk perangkat flashdisk sehingga ringan digunakan, tidak memiliki limit seperti fat32 namun tidak memiliki fitur tambahan seperti NTFS. file system ini tergolong baru karena muncul sekitar tahun 2006.

Kelebihan

  • Tidak memiliki limit,kamu bisa memasukan ukuran berapapun kedalam file system ini selayaknya NTFS.
  • Kompetibe dengan semua versi windows dan juga Mac OS serta Linux meskipun masih membutuhkan software tambahan.

Kekurangan

  • Tidak memiliki fitur keamanan seperti NTFS
  • Tidak direkomendasikan sebagai tempat instalasi OS.


Posting Komentar

Posting Komentar