NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Cara Mengatasi bug Komputer Windows 7 tidak Bisa Dimatikan atau Shutdown

Sejak tanggal tanggal 14 januari 2020 lalu windows 7 sudah tidak mendapatkan dukungan dari microsoft, yang mengharuskan para pengguna seri windows ini untuk upgrade ke versi windows 10. Namun tentu banyak pengguna yang masih tetap menggunakan windows 7 karena beberapa faktor salah satunya yakni spesifikasi komputer yang masih kurang untuk menyesuaikan dengan windows 10.  Hal ini memang menjadi alasan yang cukup kuat, sebab jika dipaksakan untuk upgrade nantinya performa komputer tidak maksimal atau bisa saja komputer menjadi lambat.
Windows 7 tidak bisa dimatikan
Nah bagi kamu yang masih menggunakan windows 7 tentu harus lebih hati-hati karena tidak adanya support dari microsoft yang mengakibatkan os win 7 menjadi rentan terhadap gangguan seperti virus atau malware. Selain gangguan tersebut, ternyata ada satu kendala yang terjadi yakni komputer dengan os windows 7 tidak bisa dimatikan atau di ShutDown dengan pesan windows yang bertuliskan “You don’t have permission to shut down this computer”. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak ambil pusing akan mematikan dengan paksa dengan mencabut kabel atau baterai komputer, tapi cara ini beresiko merusak perangkat komputer. ( Baca juga : Penyebab Bad Sector pada Hardisk dan Solusi untuk Mengatasinya)
Ada beberapa cara untuk mengatasi Windows 7 tidak bisa dimatikan yaitu sebagai berikut :

Matikan Komputer dalam keadaan User Lock

cara pertama ini bisa kamu lakukan denagn mengunci user lebih dulu dan menekan tombol shut down yang tersedia di kanan bawah layar. untuk mengunci user kamu bisa menekan tombol windows+L secara bersamaan, lalu kamu akan menuju layar windows yang terkunci. pada layar ini kamu bisa menekan tombol shut down yang berada dikanan bawah layar .

Matikan Komputer Melalui Windows Security Dialogs

Windows Security Dialogs merupakan tampilan windows yang berisi beberapa menu pintasan/shortcut windows untuk mengakses beberapa menu yaitu lock this computer atau mengunci komputer, Log Off, Switch User, Change Password,Task Manager, restart dan shutdown komputer.
Ketika komputer kamu tidak bisa dimatikan, kamu bisa mencoba mematikanya melalui Windows Security Dialogs ini, caranya dengan menekan secara bersamaan tombol Ctrl+Alt+Delete pada keybard. nah setelah masuk ke layar Windows Security Dialogs, kamu bisa menemukan tombol shut down atau restart pada kanan bawah layar.

Matikan Komputer Menggunakan Local Group Policy Editor

Cara yang terakhir ini sedikit rumit namun berdampak permanen tidak seperti cara sebelumnya yang tidak permanen. untuk mengatasi komputer yang tidak bisa dimatikan secara permanen, kamu harus melakukan beberapa langkah berikut ini:
1. Masuk ke Local Group Policy Editor dengan cara menekan tombol Windows+R dan ketikan gpedit.msc lalu tekan Enter
run gpedit

2. Setelah masuk di Local Group Policy Editor, cari Security Options yang berada di dalam menu Computer Configuration
Computer Configuration

3. Masuk pada menu Security Options, pada sisi kanan layar cari dan klik dua kali User Account Control : Run all administrators in Admin Approval Mode, lalu pilih Enable dan klik OK.
User Account Control : Run all administrators in Admin Approval Mode

4. Terahir Update group policies windows dengan cara menekan kombinasi tombol Windows+R dan ketikan gpupdate /force dan tekan Enter.
gpupdate /force

Akan muncul tampilan seperti Command Prompt yang berati sedang memperbaharui group policies. Tunggu proses sampai selesai, jika sudah kamu bisa restart atau matikan komputer secara normal
memperbaharui group policies

Posting Komentar

Posting Komentar