NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Cara Cek IP Address pada Komputer dan Ponsel Android

Ip address merupakan deretan angka yang menjadi identitas suatu perangkat ketika terhubung ke internet. disebut sebagai identitas karena setiap perangkat yang terhubung internet akan memiliki deretan angka yang berbeda dengan perangkat lainya. alamat ip sendiri memiliki dua jenis yaitu ip statis atau tetap dan ip addres dinamis dimana ip ini akan berubah setiap kali kita terhubung ke internet.
Cara Cek IP Address  pada Komputer dan Ponsel Android
selain fungsinya sebagai identitas perangkat, ip addres juga dapat digunakan untuk melacak perangkat yang terhubung kedalam jaringan.
pada artikel kali ini, akan sedikit menjelaskan bagaimana kita dapat mengetahui ip addres pada perangkat komputer dan juga ponsel.

Cek IP addres pada Komputer dan PC

Ada beberapa cara untuk melihat ip adress pada komputer atau pc :
1. Menggunakan Command Prompt
Untuk melihat ip address menggunakan tools ini sangatlah mudah, pertama buka comand prompt dengan cara menekan tombol Windows+R kemudian ketikan cmd dan tekan Enter pada keyboard, setekah jendela command prompt muncul, ketikan perintah ipconfig dan tekan enter. selanjutnya akan mucul beberapa informasi salah satunya ip addres komputer yang kita gunakan.
cek ip dengan cmd

2. Melalui Menu Control Panel
untuk melihat ip address komputer, kita bisa manfaatkan menu control panel lebih tepatnya pada sub menu Network and Sharing Center pada control panel. pertama buka menu kontrol panel, kemudian pilih menu Network and Internet lalu klik pada menu Network and Sharing Center, pada menu ini klik pada koneksi yang sedang digunakan. selanjutnya akan muncul tampilan wireless network connection status, selanjutnya tekan tombol details, akan tampil detail informasi koneksi yang sedang digunakan termasuk informasi ip adress komputer.
cek ip control panel

Cek IP addres pada Ponsel Android

Tidak hanya komputer saja yang mempunyai ip address, ponsel pun mempunyai ip adress yang menjadi identitas ketika terhubung ke jaringan internet.
pada ponsel android kita bisa melihat ip dengan dengan bebrapa cara

1. Cek Ip addres Melalui Website
cara yang paling mudah untuk melihat ip adrees pada ponsel adalah dengan memanfaatkan website. ada banyak website yang bisa kita gunakan untuk melihat ip dari ponsel salah satunya dengan website http://www.ipsaya.com. caranya kamu tinggal menggunjungi alamat website tersebut, nantinya akan otomatis muncul informasi ip addres dan juga informasi penting lainya. cara ini juga berlaku untuk pengguna komputer atau pc.

2. Cek Ip dengan Aplikasi
Cara kedua ini kamu bisa mengintal aplikasi cek ip yang bisa kamu download pada play sore. ada banyak aplikasi yang tersedia diplaysotr yang bisa kamu coba, namun saya rasa cara ini kurang efektik karena harus menginstal aplikasi yang akan membebani ponsel.

Demikian cara cek ip addres komputer dan ponsel android, semoga bermanfaat .
1 komentar

1 komentar

  • neMobee
    neMobee
    15 Agustus 2020 pukul 20.17
    Nomor 2 sih paling mudah.pake CMD kadang bingung yg mana ip nya, soalnya terlalu bnyk informasinya.
    Kalo lewat situs. Gampang emang, asal internetnya gk lelet aja. 😁
    Reply