NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Sederet Kelebihan Smartphone Android 10 yang Membuatnya Populer

Google telah resmi merilis Android 10, sistem operasi mobile terbaru yang dulunya bernama Android Q. Berbeda dengan penamaan alfabetis sebelumnya, pada sistem operasi mobile yang baru ini Google memilih untuk menyerderhanakan penamaan menggunakan angka. Bukan tanpa tujuan, penamaan dengan angka ini diharapkan mampu membuat pengguna lebih mudah menyadari, apakah sistem operasi mereka sudah menggunakan yang terbaru atau belum.
Android 10 sendiri dibekali dengan berbagai kelebihan dari versi sebelumnya. Beberapa di antaranya:

1. Hadir dengan Mode Gelap atau Dark Mode
Banyaknya permintaan dari pengguna akhirnya mendorong Google untuk menciptakan Dark Mode pada sistem operasi terbarunya. Bagi pengguna yang sudah memasang Android 10, pengaturan Dark Mode ini dapat dilakukan melalui menu Setting, lalu masuk pada menu Display.
Fitur Dark Mode ini akan membuat tampilan antarmuka smartphone menjadi lebih gelap. Selain itu, beberapa aplikasi nantinya juga akan ikut menggunakan Dark Mode jika fitur ini tekah diaktifkan.

2. Sistem privasi yang lebih canggih
Privasi masih menjadi fokus utama Google dalam mengembangkan Android 10. Pada versi ini, pengguna diberikan izin untuk mengelola privasi dengan lebih leluasa dan mudah.
Pengguna nantinya juga bisa melihat dan mengatur bagaimana seharusnya aplikasi mengumpulkan informasi, misalnya lokasi atau data penting lainnya. Adanya sistem privasi yang lebih canggih ini akan membantu pengguna untuk membatasi akses perangkat ke data permanen seperti nomer seri dan IMEI. 
Android 10 juga dilengkapi dengan Focus Mode, yang membuat pengguna dapat melakukan mute untuk notifikasi. Sehingga pengguna tidak akan terganggu saat mengakses aplikasi tertentu.

3. Makin mudah berbagi file dengan fitur Sharing Shortcuts
Pada Android 10 ini, pengguna bisa menikmati fitur SharingShortcuts yang berfungsi untuk mempermudah pengguna ketika akan membagikan file. Dengan fitur ini, pengguna bisa membagikan file dengan lebih cepat dan spesifik.

4. Navigasi Gesture mirip iOS
Navigasi Gesture sebetulnya sudah ada sejak kemunculan Android Pie, namun pada versi terbarunya, fitur ini benar-benar dihadirkan seutuhnya. Seluruh navigasinya dibuat gesture, bahkan Google sendiri telah menghilangkan panel navigasi yang dulunya ada di bagian bawah layar ponsel.
Untuk navigasi home, back ataupun recent, pengguna hanya cukup memerlukan usapan di sisi layar. Untuk navigasi home, pengguna bisa mengusap layar dari atas. Untuk back, cukup dengan mengusap sisi sebaliknya, dan usapan dari bawah sambil ditahan untuk navigasi recent.

5. Sharing Wi-Fi kini makin mudah
Dengan Android 10 pengguna bisa berbagi Wi-Fi menggunakan kode QR. Fitur ini hampir mirip dengan fitur milik Xiaomi. Dengan berbagi kode QR, pengguna tidak perlu lagi memberitahu SSID dan password ke pengguna lain.
Posting Komentar

Posting Komentar