NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Penyebab Hardisk Komputer Cepat Panas

Pada perangkat komputer hardisk merupakan komponen penting untuk penyimpanan data atau sistem, Hardisk pada umumnya merupakan komponen yang berisi pringan magnetik yang terus berputar ketika digunakan.Hardisk sendiri peranya sangat penting dan wajib pada komputer, karena hardisk adalah tempat dimana kita menyimpan data atau operating sistem kita. bayangkan jika tidak ada hardisk tentu komputer tidak akan bisa beguna. Bagi pengguna komputer lama tentu akan bayak masalah yang datang, salah satunya komponen hardisk ini.akan ada beberapa maslah jika hardisk kita sudah terlalu lama, salah satunya hardisk yang terlalu panas.
Penyebab Hardisk Komputer Cepat Panas

Apa dampak dari hardisk yang panas?

  • Komputer mejadi lambat

jika masalah hardisk yang terlalu panas terus berlanjut, nantinya akan merusak fungsi magnetik apad hardisk, hasilnya proses membaca data akan menjadi lebih lama dan mungkin akan mengalami macet atau not responding pada komputer.

  • Hardisk akan rusak

Kondisi ini bisa ditandai dengan komputer tidak mendeteksi keberadaan hardisk, dan ketika dinyalakan komputer akan stuck pada saat perama kali dinyalan dan tidak akan masuk ke dalam windows.

Penyebab hardisk cepat panas?

1. Hardisk penuh

Perhatikan pada kapasitas hardisk pada komputer kita, pastikan hardisk tidak sampai penuh, usahakan memberikan spase kosong yang cukup banyak, agar kerja hardisk tidak teralu berat yang menyebabkan hardisk cepat panas.

2. Pengunaan komputer yang lama

salah satu faktor yang menyebabkan hardisk cepat panas, sebsb ketika komputer kita gunakan, tentu hardisk akan terus berputar, hal ini tentu akan membuat hardisk panas. usahakan agar memberikan waktu untuk istirahat sejenak agar hardisk tidak terlalu panas.

3. kipas kurang maskimal / rusak

perhatikan juga komponen pendingin ini, jika kipas tidak berfungsi dengan baik tentu, suhu komputer kita akan menjadi panas, begitupula dengan hardisk, jadi jika hardisk kita panas atau komputer tiba-tiba mati, kamu bisa cek kipas komputer berfungsi dengan baik atau tidak.

Normalnya shu hardisk berkisar antara 30 sampai 40 derajat celcius, apabila suhu melebihi itu, segeralah periksa beberapa hal diatas agar hardisk tidak sampai rusak. untuk memantau suhu hardisk, kalian bisa gunakan tools Crystal Disk Info atau softwae lain seperti Hardisk Sentinel.

Demikian sedikit ulasan mengenai penyebab hardisk yang cepat panas. semoga dapat bermanfaat.

Baca juga Kelebihan SSD dibanding Hardisk

Posting Komentar

Posting Komentar