NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Pengertian RAM dan ROM pada Komputer

Membahas mengenai komputer, mungkin sering terdengar istilah RAM dan ROM. RAM memang sudah tidak asing lagi, namun untuk ROM mungkin masih asing bagi kita. dari dua istilah tersebut memang suatu hal yang berbeda, tapi juga merupakan sesuatu hal yang sama jika dilihat dari fungsinya sebagai memori, jika orang bilang si semakin besar memori maka semakin cepat kinerjanya. Hal tersebut memang tidak salah. Akan tetapi untuk lebih memahami mengenai dua hal ini pelu adanya penjelasan yang lebih detail, agar tidak ada salah penafsiran ketika membahas tentang komputer.
RAM dan ROM
Sebelum lebih jauh ke perbedaan RAM dan ROM, akan lebih afdhol jika kita tau pengerian dari masing masing isilah tersebut.
  • RAM
Istilah ini merupakan singkatan dari Random Access Memory, seperti yang kita tau RAM merupakan salah satu komponen penting pada komputer yang fungsinya sebagai memori sementara untuk menjalankan sistem operasi dan juga program program pada komputer. disebut sementara karena memang fungsinya sebagai tempat mengumpulkan data atau perintah yang akan dikerjakan, sebelum perintah itu di eksekusi atau dijalnkan.
  • ROM
Read Only Memory Merupakan salah satu komponen komputer yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan data atau perintah secara permanen, dari namanya kita bisa tau karena read onli berarti bahwa data pada rom tidak bisa kita rubah atau tambahkan, komputer hanya bisa membaca isi data yang berupa perintah saja. ROM pada komputer ini berisi perintah agar sistem berjalan sesuai dengan fungsinya, seperti perintah ketika pertama kali komputer dihidupkan. Data perintah tersebut umumnya sudah dibuat oleh produsen atau pabrikan komputer.

Perbedaan RAM dan ROM

  • Data yang tersimpan pada RAM tidak permanen seperti pada ROM, karena RAM hanya hanya sebagai perantara ketika poses berjalan. Namun saat kopmuter dimatikan, data pada RAM akan hilang.Berbeda dengan ROM walaupun komputer dimatikan, data didalamnya akan tetap tersimpan.
  • Dari segi kecepatan proses, RAM lebih cepat dibandingkan ROM yang lebih lambat.
  • Kapasitas dan ukuran tentu RAM lebih besar dan kapasitaspun lebih bayak variasi dari yang kecil sampai kapasitas besar, sedangkan ROM ukuranya kecil dan kapasitaspun sedikit, karena betuknya hanya sebuah chip kecil dan berisikan perintah-perintah saja.

nah, demikian pembahasan singka mengenai RAM dan ROM, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat bermanfaat. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar