NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Fitur Baru Instagram untuk Mencegah Penyebaran Hoaks

Instagram memang media sosial yang berisi berbagai macam informasi, namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa dengan mudahnya akses sosial media ini konten negatif pun ikut dengan mudah berada di instagram, sebgai contoh konten hoaks atau konten yang tidak benar. hoaks sendiri merupakan berita tidak benar yang disebarkan secara masif oleh pengguna yang idak bertanggungjawab, tujuanya bermacam-macam. Para pengguna social media sudah sering dihimbau agar berati-hati dalam menyebarkan berita, karena dikhawatirkan berita tersebut tidak benar atau hoaks.
Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna instagram dan agar instagram senditi tidak disalah gunakan sebagai media penyebaran hoaks, maka pengembangpun, meluncurkan fitur baru untuk mengurangi adanya konten hoaks ini. Fitur terbaru tersebut untuk menandai adanya konten yang dicurikgai palsu atau berisi konten yang tidak benar (hoaks).

Dengan Fitur ini, Konten-konten yang ditandai akan dieksekusi atau diberi tanda dengan cara diburamkan dan diberikan label "Flase Information". Walaupun sudah ditandai dan diberi label, para pengguna instagram masih bisa melihat konten tersbut, dengan cara menekan tombol "SeePost
Pihak instagram pun tida serta merta menandai konten terindikasi hoaks saja tapi juga akan memberikan informasi alasan mengapa konten teresbut ditandai dengan cara menekan opsi “See Why Fact-Checker Say This is False”, jadi diharapkan para pengguna dapat memilah-milah kontent apa yang pantas untuk dishare atau dibagikan kembali.

Selain hal positif tersebut, banyak para pembuat konten dibuat tidak nyaman, Sebab fitur tersbut juga menandai karya seni yang berupa foto atau gambar editan. jadi, konten tersbut juga kan debri peringatan bahwa konten tersebut mengandung hoaks. Tentu saja keresahan para kreator bukan tanpa alasan, sebab konten seni edit foto/gamabr juga ditandai sebgai konten yang terindikasi hoaks.

Demikian sekilas mengenai fitur terbaru instagram untuk meminimalisir penyebaran konten tidak benar atau hoaks. semoga bermanfaat, dan jangan lupa bijaklah dalam memilih berita yang ingin kalian bagikan, petimbangkan kebenaranya jangan asal share berita yang tidak jelas.
terimakasih.
Posting Komentar

Posting Komentar