NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

8 Komponen Utama Dalam Merakit Komputer PC

Komputer PC merupakan komputer yang umumnya digunakan di rumah atau di kantor, sebab Komputer PC ukuranya besar sehingga tidak memungkinkan utuk dibawa sesuka hati kita. PC sendiri secara sekilas tersiri dari layar monitor ,keyboard, mouse dan CPU. 
Kali ini diGipin akan memberikan info apa saja sih komponen utama dalam merakit komputer PC.
Komponen Utama Dalam Merakit Komputer PC

#1 Motherboard
Motherboard
Motherboard adalah sebuah wadah yang digunakan untuk meletakan berbagai macam komponen elektronik dan komponen komputer, dengan Motherboard ini semua komponen terhubung menjadi sebuah kesatuan yang saling melengkapi sehingga nantinya komputer akan berfungsi sebagaimana mestinya. didalam Motherboard ini nantinya akan dipasang Procesor, Ram, Hardisk, fan/ kipas dan komponen utama lainya.

#2 Procesor & Fan Procesor
Procesor & Fan Procesor

Komponen satu ini adalah komponen terpenting dalam merakit komputer, sebab bisa dikatakan bahwa procesor adalah ini atau otak dari komputer, namun tentu saja secanggih apapun otak pasti membutuhkan komponen lainya agar bisa bekerja. sedangkan fan procesor merupakan alat untuk mendingikan procesor sebeb jika tidak didinginkan procesor akan menjadi panas dan akan menganggu kinerjanya. kenapa dalam pooin ini saya sebutkan Procesor & fan Procesor, sebab ketika kita akan membeli sebuah procesor pasti kita akan mendapatka satu paket Procesor beserta fan Procesor, namun jika kalian punya budget lebih kalian bisa membeli fan procesor yang lebih bagus.

#3 Hardisk
Hardisk

Hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data, selain itu dalam sistem komputer nantinya hardisk akan digunakan sebagai wadah dari sistem yang nantiya kita gunakan untuk mengoprasikan komputer. untuk kapasaitas dari hardisk saat ini cukup berfariasi mulai dari 500GB sampai 3 Tera.

#4 RAM (Random Access Memory)
Random Access Memory

Komponen satu ini merupakan komonen penting dalam kinerja komputer sebab RAM sendiri fungsinya adalah sebagai tempat menampung data sementara sebelum nantinya akan diteruskan ke komponen lainya. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin bagus pula kinerja komputer, namun jika ingin mengganti ram ke kapasaitas yang lebih besar diusahakan RAM cocok untuk Motherboard yang digunakan.

#5 Power Supply
Power Supply

Merupakan komponen utama jika dalam memerikan energi kesetiap komponen, sebab tanpa adanya Power Supply komponen komputer tidak akan menyala. Power Supply adalah komponen elektronik yang menyalurkan energi listrik kesetiap komponen komputer , semakin bagus managmen listrik dari Power Supply maka semakin bagus pula kinerja komputer. bijak lah dalam memilih Power Supply, sebab sangat berpengaruh dengan keawetan komponen komputer, sayang dong komponen lain harganya lumayan mahal akan cepat rusak haya karna kesalahan dlam memilih Power Supply.

#6 VGA (Video Graphic Adapter)
VGA

KOmponen yang berfungsi untuk mengolah data menjadi sesuatu yang akan ditampilkan di dalam monitor. untuk VGA sendiri biasanya sudah jadi satu dengan procesor namun jika ingin menambahkan vga card tentunya kan sanga lebih bagus.

#7 Casing CPU
Casing CPU

Semua komponen sudah terkumpul maka saanya kita letekan dalam wadah, agar nantinya komponen tidak bergeser,terjadi konsleting atau bahkan komputer bisa nyetrum. casing komputer sudah sangat banyak pilihan dan modelnya dari model lawas atau yang sekarang ini adalah casing pc gaming yang bentukya sangat menawan.

#8 Monitor
Monitor

Jika CPU sudah jadi, sudah berjalan, tapi tanpa adanya monitor semua itu tidak ada gunaya , sebeab kita tidak bisa melihat apa yang ada didalam komputer. dengan monitor ini, setiap pengolahan data akan tervisualkan dalam monitor, maka dari itu fungsi monitor sangatlah penting.
Posting Komentar

Posting Komentar